Apoteker Sahabat Keluarga

SORONG (info-ambon.com)- Apoteker Indonesia (IAI) Papua Barat menyelenggarakan Peringatan Hari Apoteker Sedunia atau World Pharmacist Day Tahun 2023 berkolaborasi dengan Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kota Sorong yang dilaksanakan di Jalan Warmasen RT. 005/RW 005 , Kelurahan Klamana Kota Sorong Papua Barat. World Pharmacist Day Tahun 2023 ini mengangkat tema “Apoteker Memperkuat Sistem Kesehatan Nasional”

Dalam acara peresmian Kampung Ask Me DAGUSIBU ini antusias masyarakat sangat besar, dapat dilihat dengan jumlah masyarakat yang datang dan berkumpul sejak pukul 07.00 WIT untuk mengikuti arak-arakan suling tambur ke lapangan tempat acara kemudian mengikuti senam sehat dan juga senam DAGUSIBU yang dipandu oleh zin melanie dan dua orang perwakilan dari teman-teman Apoteker.

Tidak hanya itu Tim pelaksana juga membuat beberapa lomba untuk memeriahkan acara yang dibagi menjadi tiga kategori lomba. Yang pertama, katetori anak-anak, yang kedua kategori ibu-ibu dan yang ketiga kategori bapak-bapak. Untuk kategori anak-anak dibagi menjadi dua kelompok yang terdiri dari tiga orang pemain. Lomba yang dimainkan dalam kategori anak-anak ini adalah lomba tebak kata. Kemudian kategori lomba kedua adalah kategori ibu-ibu, untuk kategori ibu-ibu dilakukan secara individu ada sekitar 30 ibu-ibu yang ikut mendaftarkan diri mengikuti games tersebut. Lomba yang dimainkan dalam kategori ibu-ibu ini adalah lomba benar/salah. Dan kategori lomba terakhir adalah kategori bapak-bapak, untuk kategori ini dibagi menjadi dua kelompok yang masing-masing terdiri dari tiga orang. Lomba yang dimainkan dalam kategori bapak-bapak adalah lomba pecahkan balon kemudian menyusun kata-kata yang telah dimasukkan ke dalam balon dengan benar.

Semua kategori games ini tidak semerta-merta hanya untuk bersenang-senang dan memeriahkan acara. Tetapi, dalam setiap kategori lomba berkaitan dengan materi DAGUSIBU (DApatkan, GUnakan, SImpan, dan BUang) obat. Harapannya masyarakat mendapatkan edukasi dan informasi tambahan tentang DAGUSIBU obat. Dan juga Tim Pelaksana dapat melihat sejauh mana keberhasilan dari mulai Pra survei hingga tahap edukasi yang telah dilakukan.

apt. Isna Asri Arumsari.S.Farm mewakili Kepala Loka POM di Kabupaten Sorong, mengatakan dengan adanya Kampung Ask Me Dagusibu yang dilakukan oleh teman-teman IAI, menurut saya sangat berguna bagi masyarakat yang diintervensi, dan secara tidak langsung hal ini juga membantu kinerja Badan POM khususnya Loka POM di Kabupaten Sorong dalam mengedukasi masyarakat terkait penggunaan obat.

“Karena dengan adanya Kampung Ask Me Dagusibu, Masyarakat menjadi lebih paham mengenai cara mendapatkan obat di sarana distribusi obat yang resmi, mereka juga menjadi tahu bagaimana menggunakan obat dengan tepat sesuai aturan pakainya, mereka juga tahu bagaimana cara menyimpan obat sehingga mutu obat tetap terjaga hingga digunakan, dan mereka juga dapat mengetahui cara mengelola obat yang telah kedaluwarsa/rusak dengan melakukan pemusnahan obat dengan benar. Harapannya, kedepannya agar masyarakat yang sudah diintervensi tidak hanya menerapkan Dagusibu didalam lingkungan keluarga, namun dapat menjadi perpanjangan tangan para Apoteker untuk mengedukasi masyarakat lainnya yang lebih luas lagi”

Salah satu warga Kelurahan Klamana, Sukarni mengatakan, dengan adanya kampung Apoteker sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan ataupun cara penggunaan atau pembuangan obat-obatan dengan benar, dan juga mendapatkan obat sesuai anjuran dokter serta dapat terhindar dari penyalahgunaan obat, seperti peredaran obat palsu yang dapat membahayakan jiwa jika membeli tidak sesuai dengan anjuran dokter atau tidak membeli di apotek.

“Harapan saya dengan adanya Kampung Ask Me DAGUSIBU ini masyarakat berharap adanya penyuluhan-penyuluhan tentang bagaimana bisa mendapatkan obat-obatan yang benar sesuai penyakit yang mereka derita agar penggunaan obat benar dan tepat serta dapat memberikan efek yang positif,” ungkap pemudi tersebut.

Hal yang sama juga disampaikan, Erin Widyastuti mengungkapkan, pengetahuan lebih tentang obat-obatan dan fungsinya. Karena jujur selama ini kami tidak begitu paham obat-obat ini kegunaannya seperti apa. Kalau sudah ada fasilitasi seperti ini, otomatis bisa menjadi edukasi bagi kami dalam mengonsumsi obat-obatan,” ungkapnya.

Dalam bakti sosial (pengobatan gratis) yang dilakukan oleh Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Kota Sorong menggandeng dokter spesialis Ahli Dalam dr. Riswan Poniman, Sp.Pd.,FINASIM dan dua dokter umum yaitu dr. Andrianto Aliong serta dr. Risman Tandi Arrang. Sebelumnya Tim Pelaksana telah melakukan survei data penyakit yang paling banyak diderita dan dikeluhkan masyarakat setempat sehingga obat-obatan yang telah disiapkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang berada di Kampung Ask Me DAGUSIBU. Hal ini agar masyarakat semua obat yang telah diresepkan oleh dokter dapat terpenuhi dan diberikan secara gratis.

apt. Dra. Trifena Fenny Gowinda sebagai perwakilan tenaga kesehatan apoteker dalam kegiatan Bakti Sosial (pengobatan gratis) mengatakan Keluhan masyarakat yang paling umum dirasakan yaitu tekanan darah tinggi, batuk pilek, maag (gangguan pencernaan), asam urat, sesak, dan gatal kulit.

Mewakili Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Papua Barat Daya, Yanto Yumame mengatakan, terbentuknya kampung Ask Me DAGUSIBU ini sangat penting.

“Karena bicara obat itu pasti bicara tentang Apoteker. Apoteker itu pengawasan tunggal tentang obat jadi yang tahu obat itu seperti apa, bentuknya, manfaat dan sebagainya itu adalah Apoteker. Harapannya supaya ada kader-kader dari masyarakat yang dilatih untuk tujuannya menyambung informasi yang benar tentang bagaimana caranya manfaat dari obat dan tetap berkolaborasi dengan organisasi profesi, dokter dan semua tenaga kesehatan yang ada disini. Tetapi pada intinya kalau bicara obat, begitu masyarakat dapat obat pasti ingat paling pertama adalah Apoteker,” kata Yumame selaku Penanggung jawab Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Papua Barat Daya, usai meresmikan Kampung Apoteker, Rabu, (23/9/2023).

Diakhir acara Tim pelaksana mengumumkan pemenang-pemenang dari setiap lomba dan memberikan hadiah serta doorprize yang telah disiapkan. (*/EVA)

Exit mobile version