Api Hanguskan 3 Rumah dan 1 Sekretariat AMGPM di Bagada-Ambon

Kebakaran di Batu Gantung Dalam (Bagada), Senin (16/3/2020)-DOK-

AMBON(info-ambon.com)– Tiga unit rumah milik warga dan atap Sekretariat AMGPM Filadelfia di lorong Danau Limboto, RT. 002 RW. 03 Batu Gantung Dalam (Bagada) Kelurahan Kudamati Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, Senin (16/32020) sekitar pukul 18.45 wit hangus terbakar.

Rumah warga yang terbakar adalah milik Kel Ny. Oke Berhitu, Kel Ny. Mina Fernayanan dan Kel Bpk Niko Radamusa.

Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Iptu Julkisno Kaisupy kepada info-ambon.com di Ambon, Senin sampaikan, kronologis kejadian menurut keterangan saksi korban Ny. Ludya Radamusa (62 tahun)  bahwa awalnya saksi sementara terbaring sakit di kamar tidur dalam rumahnya dan Mendengar teriakan ‘” Kebakaran”, sehingga memaksakan dirinya bangun dan keluar dari rumah.

Pada saat berada diluar rumah, saksi melihat kobaran api di lantai 2 rumah milik  Ny. Oke Berhitu, sehingga saksi meninggalkan rumah  dan tidak dapat menyelamatkan barang yang berada didalam rumahnya.

Saksi lain, Adrian Berhitu (19 Tahun) sebutkan, awalnya saksi berada dalam rumah dan mengecok (menyalakan kontak listrik)  untuk menjalankan air sumur bor untuk mandi. Pada saat mengecok, terjadi korsleting pada pengecokan mesin air sumur bor dimaksud.

Saksi kemudian berjalan menuju meteran listrik yang terletak di lantai 2, untuk menyalakan kembali aliran listrik. Saksi kaget setelah melihat nyala api yang sudah membesar pada titik meteran listrik, selanjutnya spontan berteriak kebakaran dan warga berdatangan utka membantu memadamkan api secara manual.

Dirinya juga menjelaskan bahwa kondisi rumah di lantai 2 berdinding papan yang sebagian telah lapuk yang di huni oleh 2 orang mahasiswa, dimana pada saat kejadian mereka tidak berada di dalam rumah.

Kemudian pada pukul 18.50 wit, personil pos Pol Benteng Sektor Nusaniwe dan personil Polresta P. Ambon dan P. P. Lease tiba di Tkp dan langsung membantu warga memadamkan api secara manual.

Pada pukul 18.58 wit, 4 ( empat) unit mobil pemadam kebakaran Kota Ambon, tiba di TKP dan membatu memadamkan api, hingga pukul 20.15 wit, api berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Sekot Ambon, A G Latuheru didampingi Kepala Damkar Kota Ambon, sementara berada di lokasi kebakaran.-DOK-

Sekretaris Kota (Sekot) Ambon, A G Latuheru, sempat mendatangi lokasi untuk melihat dari dekat peristiwa yang terjadi.

Didampingi Kepala Damkar dan Penyelamatan Kota Ambon, Latuheru sempat berdialog dengan warga sekitar, tentang kejadian yang terjadi disana dan menyatakan keprihatinannya atas peristiwa kebakaran tersebut.(HMS/PJ)

Exit mobile version