Anggota Saniri Negeri Hative Kecil Diresmikan

Pj Walikota Ambon saat melantik saniri negeri Hative Kecil, Rabu pagi.-dok-

AMBON (info-ambon.com)– Anggota Saniri Negeri Hative Kecil masa bakti 2022-2028 dilantik. Pelantikan dilakukan oleh Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena di Kantor Negeri Hative Kecil, Sirimau, Ambon, Rabu (7/12/2022). Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Ambon Nomor 890 tahun 2022 tentang peresmian anggota Saniri Negeri Hative Kecil Kecamatan Sirimau masa bakti 2022-2028.

Wattimena dalam sambutannya menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mengakui dan menghormati keberadaan negeri sebagai wilayah yang otonom, namun pada kesempatan ini saya ingin mengatakan bahwa persoalan adat kita tidak campur, yang kita atur adalah penyelenggaraan pemerintah yang berpihak pada pencapaian untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera adil dan makmur.

“Sebagai salah satu Negeri adat yang berada di lingkup Pemkot Ambon, Negeri Hative Kecil harus mendukung berbagai kebijakan dan program kegiatan Nasional, Provinsi maupun Kota Ambon yang bermuara dan pencapaian kesejahteraan masyarakat,” ungkap dia.

Dikatakan, keberadaan Saniri Negeri sebagai unsur penyelenggara Pemerintah Negeri. Maka Saniri Negeri harus mengetahui kedudukan dan fungsi yang jelas, sehingga mampu secara bersama-sama melaksanakan pengawasan terhadap penyelenggaraan dalam hal ini Raja kepala Pemerintah Negeri beserta perangkat negeri. “Harapan Pemkot Ambon adalah Saniri Negeri mampu untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal, supaya penyalahgunaan kewenangan dalam mengatur dan mengelola anggaran pendapatan dan belanja negeri dapat dihindari,” tandas Wattimena.

Oleh karena itu, saya ingatkan Saniri Negeri untuk melaksanakan kewenangan Menurut ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan bertanggung jawab langsung kepada Wali Kota Ambon melalui Camat, sehingga pada kesempatan ini saya perintahkan kepada para camat untuk senantiasa melakukan evaluasi kepada Saniri Negeri atau Badan Permusyawaratan Desa (BPD) maupun para kepala Pemerintah kepala desa Lurah Menurut ketentuan peraturan dan hasilnya dilaporkan kepada saya.

Ditambahkan, Wattimena, hal menyangkut evaluasi ini sangat penting, sebab melalui hasil evaluasi kita akan melakukan perbaikan-perbaikan terhadap hal-hal yang masih keliru, atau salah dalam penyelenggaraan pemerintahan dan peningkatan terhadap hal-hal yang sudah baik. “Kepada pada saudara-saudara anggota Saniri Negeri Hative Kecil yang dilantik, hingga dalam bekerja senantiasa untuk berlaku adil kepada masyarakat utamakan musyawarah mencapai mufakat dan dalam menyelenggarakan serta menyelesaikan persoalan kemasyarakatan di Negeri,” tutup dia. (EVA)

Exit mobile version