Ambon Siapkan 10 Sekolah Berbasis Internasional

SMP Negeri 4 Ambon, salah satu sekolah yang disiapkan berbasis internasional.-dok-

AMBON (info-ambon.com)- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mempersiapkan 10 sekolah untuk masuk dalam program berbasis Internasional.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Pendidikan kota Ambon, John Sanders mengatakan, 10 sekolah ini menjadi fokusnya, saat ini mereka sudah masuk tahapan pendampingan. 10 sekolah tersebut, yakni 5 untuk tingkat SD dan 5 tingkat SMP.

Sekolah yang sementara disiapkan tersebut diantaranya SMP Negeri 4, SMP Negeri 6, SMP Kalam Kudus, SMP Negeri 14, SD latihan 1, SD Kalam Kudus, SD Negeri 11 Ambon, SD Lantera. “Sekolah-sekolah ini sudah fokuskan dan menjadi sasaran untuk sertifikat internasional,” katanya kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Rabu (25/8/2021).

Dikatakan, untuk pendampingan bentuk kerjasama Pemkot Ambon dan PT Albrasa Internasional Sertifikasi (AIS) berpusat di Jakarta dan sentranya itu ada di Kanada.

“Kita sudah melakukan beberapa tahapan yang pertama kita sudah rekrutmen tenaga asessor penilai dan mereka sudah melakukan tes secara internasional dan tahap pertama sudah selesai hasinya sudah kirim ke Kadana,”jelasnya.

Selain itu, akan dilanjutkan tahap kedua September dan Desember. Sekarang konsultan sementara melakukan bimbingan pendampingan kepada sekolah-sekolah.

“Mereka siapkan tim di sekolah, seluruh dokumen-dokumennya kesiapan sekolah secara teknis itu disiapain kemudian waktunya turun asesor yang menilai apakah sekolah ini layak tidak untuk disertivikasi,” lanjutnya.

Diakui, sertifikasi Internasional ini baru pertama dilakulan. 10 sekolah ini diharapkan menjadi contoh untuk sekolah yang lain. “Kita harapkan dengan 10 sekolah ini akan menjadi contoh dan penyemangat untuk sekolah yang lain untuk melakukan sertifikasi secara nasional. Ini semua dinilai dari dia punya sarana prasana, tenaga kependidikan,” harapnya. (EVA)

Exit mobile version