Ambon Pimpin Klasemen Medali POPMAL IV

Klasemen sementara perolehan medali 11 Kabupaten/Kota di Maluku peserta POPMAL IV 2022.

AMBON (info-ambon-com)-Memasuki hari kedua dalam Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POPMAL) IV tahun 2022, dalam perebutan medali oleh masing-masing Cabang Olahraga (Cabor), Sabtu (19/11/2022). Dalam event olahraga terbesar di Provinsi Maluku itu, Kota Ambon yang berstatus sebagai tuan rumah dan juara bertahan, tampil memukau sejak hari pertama dengan memimpin klasemen perolehan medali.

Kota Ambon sendiri juga sudah bisa memastikan diri keluar sebagai juara umum, khusus Cabor Karate. Hal ini setelah berhasil mengunci perolehan medali terbanyak dalam 13 kelas Karate yang di perlombakan.

Humas KONI Maluku/Humas PB POPMAL, Izaac Tulalessy mengatakan, Kota Ambon hingga hari ke dua masih terus memimpin klasemen perolehan medali dalam event tersebut. “Kota Ambon dalam dua hari berturut-turut (18-19 November) berhasil memimpin klasemen sementara perolehan medali,”ungkap Izaac Tulalessy di ruang kerjanya di Kantor KONI Maluku, Karpan, Ambon.

Dijelaskan Tulalessy, selama dua hari terakhir ada lima Cabor yang dilombakan, diantaranya Cabang Olahraga Karate, Renang Kolam, Silat, dan Kempo. “Dalam dua hari terakhir ada lima Cabor yang sudah dilombakan. Dari hasil perolehan medali juga sudah ada 54 medali yang diraih baik itu emas, perak maupun perunggu,”ungkap Izaac.

Untuk pimpinan klasemen sementara medali POPMAL, lanjut Izaac, Kota Ambon berada di posisi pertama dengan perolehan 6 emas, 8 perak dan 7 perunggu atau sudah mengantongi 21 medali. “Enam medali emas yang berhasil diraih kontingen asal Ibukota Provinsi Maluku itu, di dulang dari Cabang Olahraga Karate, yang digelar di Gedung Sport Hall,”bebernya.

Sedangkan di posisi kedua klasemen sementara, ada Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) dengan 10 medali diantaranya 4 emas, 2 perak, dan 4 perunggu. “Empat medali emas di dapat dari Cabor Renang Kolam,” ujarnya.

Di posisi ketiga ada Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) dengan perolehan 3 medali emas, dan 3 Perunggu (total 6 medali), di susul Maluku Tengah (Malteng) di posisi empat dengan koleksi 2 medali emas, 2 perak, 2 perunggu (Total 6 medali). Untuk Kabupaten Buru dan Seram Bagian Barat (SBB) dalam klasemen sementara di hari kedua perlombaan POPMAL, keduanya menempati posisi ke lima dengan perolehan medali sebanyak 3 medali, yang terdiri dari 1 perak dan 2 perunggu.

Di posisi ke enam ada Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dengan koleksi 2 medali (1 perak, 1 Perunggu), disusul Buru Selatan dan SBT di peringkat ketujuh klasemen sementara dengan perolehan medali masing-masing 2 perunggu. Dalam event olahraga terbesar di Provinsi Maluku pada hari kedua ini, lanjut Izaac, Kota Tual dan Kabupaten Kepulauan Aru, sama sama belum memiliki koleksi medali.

“Jadi total medali yang telah diperoleh sampai hari kedua di POPMAL ke IV tahun 2022, untuk kontingen 11 Kabupaten/kota berjumlah 60 yang terdiri dari 17 medali emas, 17 medali perak, dan 26 medali perunggu,” pungkasnya. “Semua data perolehan medali yang diraih masing-masing kontingen tersebut, merupakan data resmi Humas PB POPMAL ke IV, per tanggal 19 November 2022, pukul 17.30 WIT,” tandasnya. (EVA)

Exit mobile version