Ambon Cepat Pulih dari Konflik. Wawali Berikan Tipsnya untuk KKR Aceh

Wawali Ambon, Syarif Hadler paparkan tips dan rahasia Kota Ambon yang cepat pulih dari konflik kepada perwakilan KKR dari Aceh.-MP-

AMBON(info-ambon.com)-‘’Kita ingin belajar bagaimana Ambon berhasil pulih pasca konflik dalam kurun waktu yang relatif cepat. Padahal, Ambon dan Aceh sama-sama punya masa lalu yang kelam yakni konflik kemanusiaan,’’ kata Aina Mardiah, anggota Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi Aceh (KKR).

KKR sendiri adalah lembaga bentukan pemerintah Aceh berdasarkan amanah MoU Helsinki-Finlandia.Kedatangan tim KKR Aceh disambut oleh Wakil Walikota (Wawali), Syarif Hadler.

Syarif Hadler kepada info-ambon.com, Jumat (28/6/2019), di Ambon sampaikan, pihaknya apreseasi atas pilihan KKR kunjungi Ambon. Dan apa yang menjadi maksud KKR itu, akan diberikan secara lugas dan detail, khususnya bagaimana Ambon bisa cepat pulih dari konflik sehingga bisa berguna bagi Aceh.

Dalam pertemuan kemarin itu, lanjut Hadler, dirinya menjelaskan, bahwa hal yang menjadi dasar dari penyelesaian konflik di Ambon adalah karena kuatnya ikatan Pela Gandong dan rasa saling memiliki antar sesama masyarakat Kota Ambon.

“Sesungguhnya kesadaran itu muncul, bahwa konflik yang terjadi tidak membawa kemenangan ataupun kekalahan bagi masing-masing pihak, semua itu hanya sia-sia,” ungkap Wawali.

Dan kenapa proses pemulihan bisa begitu cepat, karena  pasca konflik, masyarakat tidak lagi saling menyalahkan, melainkan bersama-sama berjanji untuk saling menjaga dan melindungi.

Anggota Tim KKR Aceh, Aina Mardiah dalam kesempatan tersebut menyampaikan, tujuan mereka mengunjungi Kota Ambon adalah untuk belajar dari Ambon, bagaimana pemulihan pasca konflik.

“Ambon dan Aceh punya masa lalu kelam namun berhasil bangkit, pada kesempatan ini kita ingin belajar bagaimana Ambon berhasil pulih pasca konflik dalam kurun waktu yang relatif cepat,” ungkapnya.

Saat pertemuan, untuk cara cepat pulih dari konflik di Ambon, kemarin, Wawali didampingi Kadis KominfoSandi, J.R.Adriaansz, Plt Kepala Bappeda Litbang, F.Maail, Kadis Sosial, N. Jasin, Kabag Tata Pemerintahan, S.Dominggus, Kabag Bina Kesra, A.J.Raharusun dan Kabag Hukum, J.Slarmanat. (MCA/PJ)

Exit mobile version