9 Incumben Ini Kemungkinan Tak Lagi Anggota DPRD Ambon

AMBON(info-ambon.com)-Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Ambon sudah mengakhiri tugasnya melakukan perhitungan suara manual Pemilihan Umum (Pemilu 2019) baik legislative maupun pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Dalam pertarungan politik memperebutkan kursi 35 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon, incumbent atau anggota lama yang kembali bertarung sebanyak 31 orang, yang tidak bertarung 1 orang dan naik tingkat ke DPRD Maluku sebanyak 3 orang dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Ambon.

Dari 3 orang yang bertarung ke DPRD Maluku yakni Rovik Akbar Afifudin dan Muhamad Novan Liem (PPP) serta Yusuf Latumeten (Demokrat) hanya Rovik Afifudin yang berhasil memperoleh kursi. Lalu apa kabar petarung-petarung di DPRD Kota Ambon?.

Dari hasil rekapitulasi hasil perhitungan suara di 5 PPK se-Kota Ambon dan ditabulasi di KPU Kota Ambon, maka siapa yang masih bertahan dan siapa yang lengser sudah bisa dilihat, walau memang masih menunggu keputusan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

31 incumben yang kembali maju berasal dari IV Dapil yang ada di Ambon, yakni masing-masing Dapil I 5 orang, Dapil II 8 orang, Dapil III 8 orang dan Dapil IV 10 orang.

Sayang, 9 dari 31 incumben itu, harus berjiwa besar memberikan mandat rakyat kepada calon lainnya. Lalu siapa-siapa saja incumbent yang lengser? Ini mereka…

Di Dapil I tercatat 1 incumben yang lengser yakni Max Pattiapon.

Di Dapil II merupakan dapil yang terbanyak menumbangkan incumbent. Tercatat dari 8 incumben yang bertarung, 4 diantaranya lengser yakni Muhamad Ohorella (Hanura) Riduan Hasan (PBB), Asmin Matdoan (PKB) dan Muryani Dominggus (Demokrat).

Sementara itu, di Dapil III, dari 8 incumben yang bertarung, 2 diantaranya harus menerima kenyataan yang terjadi. Mereka yang belum beruntung tersebut adalah Rasyid Mewar (PBB) dan Ali Rahman Ohorella (PAN). Demikian juga di Dapil IV, dari 10 incumben, sebanyak 2 calon incumbent juga belum berhasil yakni Leonora Far-Far (PDIP) dan Mulyono Sugrid dari Partai Hanura.

Lalu siapa saja incumbent yang lolos? Meraka adalah; dari Dapil I, Juliana Pattipeilohy (PKPI), Lucky Leonard Upulatu Nikijuluw (PDIP), Johny Paulus Wattimena (Gerindra), dan Christian Latumahina (Nasdem). Di Dapil II incumbent yang lolos yakni Margaretha Siahay (Golkar), Rustam Latupono (Gerindra), Yusuf Wally (PKS), Dapil III, Jemmy Maatita, Geral Mailoa (PDIP), Elly Toisutta (Golkar), Johny Mainake (Nasdem), Astrid Y Soplantila (Gerindra), Ari Sahertian (PKB).

Sementara Dapil IV adalah dapil yang paling banyak meloloskan incumbent. Mereka yakni, Zeth Pormes (Golkar), Obed Souisa (Demokrat), Jafry Taihuttu (PDIP), Taha Abubakar (PPP), Saidna Azhar Bin Tahir (PKS), Morits Tamaela (Nasdem), Christianto Laturiuw (Gerindra) dan Jacob Usmany (PKPI). (PJ)

Exit mobile version