640 Koperasi di Ambon Terdaftar, 265 Aktif, Baru 55 Laksanakan RAT

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Ambon, Marthin Keiluhu.-dok-

AMBON (info-ambon.com)- Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Ambon, Marthin Keiluhu menandaskan, jumlah koperasi yang terdaftar di Kota Ambon sebanyak 640 koperasi, namun yang masih aktif hanya 265 koperasi. Sementara yang sudah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2019 sebanyak 55 Koperasi. Tahun lalu, yang lakukan RAT 58 Koperasi.

“Saat ini sudah tercatat sebanyak 55 koperasi yang laksanakan RAT dan itu menandakan koperasi tersebut tetap aktif beroperasi. Kita beruapaya supaya yang laksanakan RAT tahun ini sesuai dengan target karena kalau yang tidak laksanakan selama dua tahun atau tiga tahun akan dibubarkan,”katanya kepada Wartawan, Jumat (9/8/2019).

RAT dilakukan sebagai bentuk tanggungjawab koperasi terhadap kinerja dari anggotanya dan sebagai informasi kepada pemerintah. Menurutnya, pelaksanaan RAT dapat dilakukan secara internal yakni dengan ketua maupun anggota koperasi tapi pihaknya juga seringkali di undang dalam RAT yang dilaksanakan. “Jadi memang RAT itu mereka saja rapat internal nanti baru dilaporkan ke kita tapi ada juga yang mereka minta kita dari koperasi yang buka RAT nya itu,” tutur dia.

“Tahun ini kita memang targetnyakan 100 koperasi yang ada di kota Ambon dan sekarang sudah 55 itu, jadi memang kita usahakan betul untuk itu,” tambah dia. Untuk pelaksanaan RAT sendiri, pihaknya telah menugaskan lima petugas pendamping untuk mendampingi koperasi-koperasi yang belum melaksanakan RAT sehingga pelaksanaan RAT dapat dilaksanakan sesuai dengan aturan.

“Jadi ada lima petugas yang memang dibiayai oleh pemerintah pusat untuk menjadi tenaga pendamping dan untuk itu kita tugas kan mereka jalan ke koperasi-koperasi yang belum RAT. supaya mereka bisa pacu koperasi untuk laksanakan RAT segera dan mereka keliling,” terang dia.(EVA)

Exit mobile version