4 Sekolah di Ambon Ditetapkan Kemendikbud Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Ferdinandus Tasso.

AMBON (info-ambon.com)-Guna memulihkan pembelajaran di Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menerapkan empat Sekolah Dasar (SD) di Ambon untuk kurikulum merdeka belajar di Kota Ambon.

Empat Sekolah yang menerapkan secara efektif, yakni SD Negeri 70, SD Negeri 64, SD Negeri 4 dan SD Negeri 39 Kota Ambon. “Yang terdata itu 4 SD, tetapi yang efektif itu tiga sekolah,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Edy Tasso kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Jumat (10/3/2022).

Dikatakan, kurikulum merdeka belajar ini akan resmi jadi Kurikulum Nasional pada 2024 mendatang.

Walaupun, saat ini jadi salah satu kurikulum yang bisa diterapkan satuan pendidikan dalam pembelajaran selain dua kurikulum lainnya, yakni kurikulum 2013 dan kurikulum darurat.

“Kurikulum ini kan 2024 jadi kurikulum Nasional nantinya. Tapi saat ini sudah bisa diterapkan di beberapa sekolah,” kata Kadis. Disebutkan, lanjut Tasso, kurikulum merdeka belajar ini mengarah pada sekolah penggerak atau guru penggerak yang dapat mengembangkan karakter siswa maupu tenaga pengajar.

“Tiap kurikulum punya kelebihannya dan kurikulum ini meningkatkan kreatifitas siswa juga bisa dilihat minat, bakat, dan kemampuan intelejensi,” tandasnya.

Menyusul perubahaan yang terjadi dalam dunia pendidikan setelah pandemi Covid-19 melanda Indonesia. (EVA)

Exit mobile version