4 Penjabat Bupati/Walikota Dilantik, Ini Pesan Gubernur Maluku

Gubernur Maluku melantikan 4 penjabat walikota dan bupati di Maluku, Selasa siang.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)-Gubernur Maluku, Murad Ismail melantik 4 Penjabat Bupati/Walikota di Maluku. Pelantikan berlansung di Tribun Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Selasa (24/5/2022). Usai pelantikan, dilakukan penandatangan pakta integritas.

Mereka yang dilantik masing-masing Daniel E. Indey,  Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar sesuai Surat Keputusan (SK) Mendagri nomor : 131.81-1211 tahun 2022,

Dr.Djalaludin Salampessy, Penjabat Bupati Buru sesuai SK Mendagri nomor : 131.81-1212 tahun 2022.

Penjabat Wali Kota Ambon Drs.Bodewin M Wattimena, sesuai SK Mendagri nomor : 131.81-1165 tahun 2022.

Panjabat Seram Bagian Barat (SBB) Andi Chandra As’Aduddin, sesuai SK Mendagri nomor : 131.81-1164 tahun 2022.

Dalam SK Mendagri tersebut dijelaskan bahwa penjabat Bupati/Wali Kota melaksanakan tugas paling lambat satu tahun terhitung sejak tanggal pelantikan dengan tugas.

Gubernur dalam sambutannya mengatakan, pelantikan yang dilaksanakan saat ini adalah merupakan tahapan dari kebijakan Pemerintah dalam rangka menghadirkan Pilkada serentak di Nasional pada tahun 2024 mendatang.

Oleh karena itu, Gubernur memberikan pesan kepada empat penjabat Bupati/Wali Kota yang disebutkan dalam keputusan Mendagri tentang pengangkatan sebagai Bupati/Wali kota yang harus diprioritaskan.

“Para penjabat Bupati/Wali kota yang baru dilantik untuk segera melakukan langkah-langkah diantaranya konsolidasi internal terhadap birokrasi di wilayah masing-masing. Ini diharapkan agar birokrasi menjadi solid dan tidak terkotak-kotak,” jelasnya.

Oleh karena itu, sebagai Wakil pemerintah pusat di daerah saya akan melakukan pengawasan secara ketat. Seraya Gubernur juga meminta kepada pelaksanaan tugas terus melakukan monitoring dan evaluasi secara ketat terhadap penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan pembangunan dan pelayanan publik.

“Kepada Penjabat setiap 3 bulan saudara-saudara harus menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan kinerja saudara-saudara di daerah masing-masing,” katanya.

Selain itu, Gubernur instruksikan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 4 kabupaten kota agar mendukung sepenuhnya pimpinan pejabat yang baru.

“Seluruh ASN harus bangun koordinasi, komunikasi, dan kolaborasi yang efektif dengan jajaran forkopimda Provinsi kabupaten kota TNI Polri dan instansi vertikal, tokoh agama, dan pemangku kepentingan lainnya di wilayah masing-masing,” demikian orang nomor satu Maluku ini. (EVA)

Exit mobile version