4 Kapal Hangus Terbakar di Pelabuhan Hurnala-Tulehu

Kapal penumpang dan kapal ikan yang hangus terbakar di pelabuhan Hurnala Tulehu Pulau Ambon.-HMS-

AMBON(info-ambon.com)-Sebanyak 4 buah kapal yang terdiri dari 1 kapal penumpang dan 3 kapal ikan, hangus terbakar di pelabuhan Hurnala, Tulehu Kabupaten Maluku Tengah, Jumat (4/10/2019) sekitar pukul 19.00 WIT.

Kasubbag Humas Polres Ambon dan Pp Lease, Ipda Julkisno Kaisupy kepada info-ambon.com, sampaikan, api awalnya membakar KM Taman Pelita milik PT Sumber Rejeki, namun karena 3 kapal ikan yakni KM. Putra Dobo, KM. Ampry dan KM. Delta berada didekatnya, maka ketiganya juga turut terbakar. Apalagi, ketiga Motor Ikan tersebut terbuat dari bahan fiberglass yang sangat mudah terbakar.\

Menurut keterangan Robo (42 Tahun) ABK Kapal Taman Pelita (koki), bahwa pada saat saksi pulang belanja dari kota Ambon kemudian menaruh barang-barang belanja diatas kapal, kemudian saksi menanyakan kepada ABK Jainudin bahwa “oce ada cium bau hangus ka seng” (apakah kamu mencium bau hangus ataukah tidak), dan tak lama kemudian mereka mendengar teriakkan dari arah bawa dermaga bahwa, ada api di Motor Taman Pelita bagian kamar mesin.

Mendengar bahwa ada api saya kemudian turun dari kapal untuk memastikan sumber api tersebut ternyata benar api telah membesar yang berasal dari dalam kamar mesin.

Saksi lain, Jainudin Umur (40 tahun) ABK kapal Taman Pelita (Juru Mudi), bahwa pada saat saksi yang rencana untuk beristirahat tidur, kemudian saksi mendengar teriakan bahwa kapal tabakar, kemudian saksi menanyakan bahwa api darimana dan di jawab dari Kapal Motor Taman Pelita, spontanitas saksi kemudian bergegas untuk mengambil HP, dan Tas didalam kamarnya, kemudian saksi melihat gumpalan asap tebal dari arah bawah kapal dan selanjutnya saksi mencari jalan keluar untuk turun dari atas kapal, pada saat saksi sudah berada diatas dermaga pelabuhan dan melihat kapal sudah terbakar besar.

Samsul Labiru, (29 Tahun) oiler di kapal juga menjelaskan bahwa pada saat saksi yang berada di warung Jalan untuk belanja, kemudian saksi diberitahukan oleh sdr. Anyong Bakol bahwa kapal Taman Pelita telah Tabakar, mendengar hal tersebut kemudian saksi bergegas menuju arah kapal sesampainya di kapal saksi melihat Kapal sudah terbakar besar.

Kasubbag Humas Polres Ambon dan Pp Lease, Ipda Julkisno Kaisupy menambahkan, akibat peristiwa kebakaran itu sehingga menghanguskan seisi body kapal tersebut yang mana kapal tersebut terbuat dari bahan kayu, kemudian menjalar serta menghanguskan beberapa motor ikan yang sandar berdampingan.

Dia tambahkan, dalam kapal Taman Pelita juga terdapat sebanyak 60 Ton Beras raskin yang telah dimuat.

Dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran Kapal Motor Taman Pelita tersebut berasal dari dalam kamar mesin, karena sumber api yang dilihat berasal dari dalam kamar mesin, namun belum dapat dipastikan penyebabnya apa.

Sebanyak 4 (buah) Unit mobil Pemadam Kebakaran kota Ambon tiba di TKP dan langsung memadamkan api di TKP dan sekitar pukul 20.45 wit, api telah berhasil dipadamkan.(PJ)

Exit mobile version