374 Desa di Maluku belum Tersentuh Listrik

Kegiatan Multi Stakeholder Forum (MSF) 2019 yang digelar di Lantai 5 PLN MMU.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)- General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) Romantika Dwi Juni Putra menyampaikan, sampai saat ini, sedikitnya 374 desa di Maluku yang belum terlistriki dari 1.241 desa di Maluku. Ia mengakui, hingga saat ini, PLN telah melistriki 867 desa di Maluku.

Data tersebut disampaikan Romantika Dwi Juni Putra pada kegiatan Multi Stakeholder Forum (MSF) 2019 yang digelar di Lantai 5 PLN MMU, Kamis (27/6/2019). Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan sinergi dengan stakeholder untuk wujudkan Maluku Terang.

Kegiatan ini bertujuan untuk memaparkan  pembangunan kelistrikan di Provinsi Maluku, mulai dari pemaparan kondisi kelistrikan di Maluku, progres pembangunan Listrik Desa (LISSA) untuk peningkatan Rasio Elektrifikasi hingga 2020, hingga progres dan rencana pembangunan pembangkit dan transmisi yang ada di Provinsi Maluku hingga tahun 2022.

“Direncanakan hingga tahun 2020 mendatang, PLN akan melistriki 374 desa lagi dimana 372 desa tersebut telah berlistrik non-PLN maupun dari pihak swasta. Hingga bulan Mei 2019 ini, tercatat bahwa Rasio Elektrifikasi PLN di Provinsi Maluku mencapai 86,81 persen”, ujarnya.

Dalam mewujudkan hal tersebut, PLN terus berkomitmen untuk menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG) salah satunya melalui program PLN Berintegritas.

“Tentu untuk terus menerapkan program PLN Berintegritas kami juga membutuhkan dukungan dari para stakeholder. Maka melalui kegiatan MSF ini kami mengajak para stakeholder kami untuk turut serta menandatangani deklarasi integritas sebagai bentuk dukungannya”, lanjut Romantika.

Sementara itu, General Manager PLN UIP Maluku Jonner MP Pardosi menuturkan PLN juga terus melakukan pembangunan infrastruktur kelistrikan guna menunjang ketersediaan dan keandalan listrik di Maluku.

“Untuk pembangunan Pembangkit di Maluku hingga tahun 2022, kami sedang dan akan membangun pembangkit tersebar berkapasitas 282 MW dengan pembangunan transmisi sepanjang 574 kms dan Gardu Induk berkapasitas 420 MVA”, terang Jonner.

Sedangkan sambutan Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Ronny Sam Wolter Tairas, memberikan apresiasi dan dukungannnya terhadap PLN yang telah menggelar kegiatan MSF ini.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini dan kami berharap program-program kerja dari PLN dapat mendukung visi-misi dari kami”, ujarnya.

Diharapkan melalui kegiatan MSF ini, seluruh stakeholder dapat memberikan dukungannya kepada PLN dalam mewujudkan Maluku Terang sebagai bentuk sinergi positif.(EVA)

Exit mobile version