365 JCH Kota Ambon Diberangkatkan Menuju Embarkasi Makassar

Sekretaris Kota Ambon, A G Latuheru saat melepas CJH asal Ambon menuju embarkasi Makassar, Selasa (9/7/2019).-EVA-

AMBON (info-ambon.com)-Sebanyak 365 Jamaah Calon Haji (JCH) tahun 1440 Hijriah/2019M asal Kota Ambon di lepaskan oleh Sekertaris Kota (Sekkot) Ambon Anthony Gustav Latuheru, di Gedung Azhari Kota Ambon, Selasa (9/7/2019). Secara rincian JCH sebanyak 365 orang, berasal dari Kecamatan Sirimau sebanyak 251 orang, Kecamatan Nusaniwe 60 orang, Kecamatan Teluk Ambon Baguala 25 orang, kemudian mutasi dari luar dan mutasi dari dalam sebanyak 29 orang. Sementara menurut jenis kelamin, jumlah JCH Laki-laki berjumlah 133 orang, dan perempuan sebanyak 232 orang.

Para JCH Akan diberangkatkan menuju emberkasi Makassar untuk selanjutnya ke Madinah Al-Munawwara dan Makkah Al-Mukaramah, guna menunaikan seluruh aktivitas ibadah haji dengan serangkaian ibadah haji lainnya.

Sekertaris Kota Ambon, A.G.Latuheru dalam sambutannya mengatakan, dalam mencermati praktik penyelenggaraan ibadah haji beberapa tahun terakhir, dalam kesempatan seseorang untuk menunaikan ibadah haji sangat terbatas, karena sebagaimana kita ketahui, jumlah umat Islam yang bermaksud menunaikan ibadah Haji jauh lebih besar dari pada kuota yang di berikan.

Suasana pelepasan JCH Kota Ambon menuju embarkasi Makassar.-EVA-

“Masih banyak diantara saudara-saudara kita yang meskipun mampu memenuhi syarat, dan bahkan telah mendaftarkan tetapi tahun ini belum bisa menunaikan rukun Islam yang ke lima, ’’katanya.

Menurutnya, sangat di pahami, kenapa antrian haji begitu panjang, salah satunya adalah karena ibadah haji merupakan ibadah yang sangat istimewa disisi Allah SWT, banyak keutamaan-keutamaan ibadah Haji, sehingga umat Islam sangat berharap untuk melaksanakan ibadah haji, untuk itu, kepada para Jamaah Haji yang tahun ini sudah haji, pihaknya menyampaikan selamat menjalankannya dengan baik.

“Dalam melakukan perjalanan ibadah haji, tentunya para bapak/ibu jamaah haji akan menemui atau mengalami berbagai cobaan, dan tantangan, maka untuk mengatasi hal tersebut, modal yang paling tepat selalu dipegang teguh adalah menolong sesama jamaah haji, khususnya Jamaah Haji Kota Ambon,’’ujar Sekkot.

Sekot berharap kepada seluruh JCH dapat memelihara kekompakan, keutuhan dan kebersamaan. Dan kepada ketua regu dan ketua rombongan, agar dapat melaksanakan fungsi dan tugasnya dengan sebaik-baiknya, karena ketua regu dan ketua rombongan merupakan ujung tombak dalam suksesnya penyelenggaraan ibadah haji itu sendiri.

“Saya hanya ingin pesan kepada para JCH Kota Ambon agar laksanakan ibadah haji sesuai dengan tuntunan yang di berikanan saat manasik haji secara tulus dan iklas, jagalah kesehatan, fisik sehingga mampu melaksanakan seluruh haji dengan sempurna, ’’pesannya.(EVA)

Exit mobile version