DPRD Akan Usulkan Beberapa Program ke Pemerintah Pusat

AMBON (info-ambon.com)-Komisi II Provinsi DPRD Maluku usulkan beberapa program ke Pemerintah Pusat (Pempus). Agenda yang akan berlangsung ini, berkaitan dengan usulan program untuk nantinya bisa diakomodir dalam APBN.

“Penyampaian aspirasi ke Kementerian aspirasi bukan hanya baru dilakukan setiap tahun, dan ini merupakan agenda tetap,” ujar Ketua Komisi II DPRD Maluku, Johan Lewerissa kepada wartawan usai rapat bersama dengan mitra komisi di ruang kerjanya, Senin (27/02/2024).

Hanya saja, dalam penyampaian aspirasi banyak program yang tidak diakomodir Kementerian/lembaga ke dalam program prioritas karena terbentur anggaran dan lain sebagainya.

Namun, sebaliknya ada juga program yang diakomodir pemerintah seperti persoalan kelistrikan oleh Kementerian ESDM.

“Khususnya listrik sudah terealisasi kemarin ada kurang lebih 3 ribu rumah mendapatkan pemasangan instalasi gratis. Kemarin kita sampaikan kepada Kementerian ESDM didampingi PLN sudah terealisasi,”ungkapnya.

Lewerissa berharap kedepan Pemda Maluku melalui OPD terkait dalam hal ini Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, maupun Dinas Kehutanan, dapat mengajukan program ke Pemerintah Pusat

“Untuk lingkungan hidup, tahun ini sudah ada bantuan dari kapal keruk sampah dari Francis, mungkin bulan juli akan tiba. Ini yang kita inginkan supaya pemerintah pusat melihat hal ini, terutama dalam penyampaian aspirasi ke Kementerian nantinya,”pungkas Lewerissa. (EVA)

Exit mobile version