314 JCH Ambon Ikut Bimbingan dan Manasik Haji

Bimbingan dan pelatihan Manasik Haji bagi jemaah haji asal Kota Ambon.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)- Sebanyak 314 Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Ambon mengikuti bimbingan dan pelatihan Manasik Haji. Kegiatan yang dilaksanakan di Asrama Haji Waiheru, Desa Waiheru, Teluk Ambon Baguala, Selasa (6/6/2023).

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena menyampaikan, persiapan sebelum keberangkatan pada 15 Juni 2023 menuju Embarkasi Makassar dan dilanjutkan ke Tanah Suci nanti , mereka dibekali dengan beberapa kegiatan.

“Mengingat pentingnya persiapan sebelum keberangkatan JCH, Pemkot Ambon berupaya memfasilitasi JCH melalui beberapa kegiatan, yakni, pemeriksaan kesehatan dan rangkaian kegiatan yang lain.”

Dijelaskan, ibadah haji merupakan ibadah yang tidak sederhana, karena membutuhkan kemampuan baik itu materil, fisik, mental dan spiritual. Dengan begitu, Pemkot Ambon memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan bimbingan dan pelatihan manasik Haji.

“Ibadah haji adalah rukun islam yang ke-5 bagi setiap umat islam yang mampu untuk melaksanakan serangkaian ibadah di tanah suci Mekkah sesuai dengan syarat Islam. Maka pelaksanaanya dibutuhkan jaminan atau pelayanan pembinaan dan perlindungan yang baik, supaya setiap JCH dapat menjalankannya dengan tertib, aman dan nyaman,” ujar Wattimena.

Sehingga Pemkot Ambon punya tanggungjawab agar pelaksanaan ibadah haji dapat terlaksana dan terlayani secara baik. Untuk itulah, Pemkot bersama kemenag melaksanakan manasik Haji,” ucapnya.

Oleh karena itu, dengan semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan, baik Pemkot maupun Kemenag Kota kepada JCH, sangat membantu kualitas penyelenggaraan JCH asal Kota Ambon. Oleh karena itu, Pj Walikota berpesan, Bagi JCH Kota Ambon untuk mempersiapkan diri menjelang keberangkatan.

“Saya ingin berpesan kepada JCH untuk dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya, senantiasa menjaga kesehatan, menjaga pola hidup yang sehat dan kebugaran tubuh,” ajak dia. Diketahui, JCH usia termuda Sari La Saidi Binti La Samusu 23 dan JCH usia tertua atas nama Ja’far Naya Bin Ahmad Naya dengan usia 93 tahun.(EVA)

Exit mobile version