KPw BI Maluku Gelar Pameran UMKM

Gubernur Maluku saat meninjau pamaren UMKM di Ambon, Jumat.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)-Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Maluku menggelar pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kegiatan yang dibuka Gubernur Maluku, Murad Ismail, di Aula Gedung Serbaguna Xaverius Ambon, Jumat (9/9/2022). Dalam kegiatan tersebut juga terdapat serangkaian acara, yakni, fashion show, talkshow, pentas seni, berbagai lomba Business Matching dan pameran UMKM. Sebanyak 22 UMKM di Kota Ambon ikut serta dalam kegiatan tersebut.
Gubernur Maluku, Murad Ismail saat membuka kegiatan tersebut, menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kepala Kantor Perwakilan BI Maluku dan seluruh jajarannya yang telah mengadakan kegiatan bertajuk ” Maluku Manggurrbe”, dengan berbagai kekuatan seperti memamerkan produk-produk UMKM, talkshow, sosialisasi dan pertemuan bisnis, yang tentunya merupakan wujud perhatian dan tanggungjawab bersama untuk mensuskseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI), dan sebagai semangat bersama, dalam mengembangkan ekonomi berkelanjutan di Provinsi Maluku.
“Tantangan pembangunan ekonomi daerah saat ini sangat sangatlah kompleks. Dengan demikian kita harus tetap menjaga, dan melaksanakan program kegiatan ekonomi produktif, agar perekonomian daerah tidak tertekan,” ungkaphya.
Dikatakan, Pemprov terus berupaya untuk bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan termasuk Kantor Perwakilan BI Maluku, untuk mendukung sepenuhnya upaya upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Provinsi Maluku. “Melalui sinergi dan kolaborasi, maka cara pandang dan wawasan kita semakin luas, sehingga dapat menangkap berbagai potensi pengembangan yang mendorong terciptanya inovasi-inovasi baru dalam pelaksanaan program kerja. Hal ini telah kita buktikan, dimana pemulihan ekonomi pasca pandemi, penanganan dampak ekonomi konflik Rusia-Ukraina, kontraksi inflasi serta penyesuaian kebijakan fiskal dan moneter dapat kita hadapi bersama, dengan sinergi dan kolaborasi yang baik antar pihak terkait,” ujarnya.
Dijelaskan, perkembangan kemajuan teknologi dewasa ini, telah mendorong perubahan pada berbagai aspek kehidupan, sehingga membutuhkan strataegi baru dalam mengelola perkembangan daerah. Digitalisai sistem pembayaran terus didorong melalui edukasi dan implementasi di sektor riil, UMKM, hingga transaksi pemerintah daerah. Kerjasama antar daerah juga terus dibangun, dalam mendukung kebutuhan domestik, sehingga dapat menjaga kestabilan harga. “
Untuk itu, kegiatan Maluku Manggurebe di saat ini, tentunya ingin mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk menggalang kekuatan ekonomi masyarakat, dengan memberikan ruang yang seluas luasnya bagi masyarakat, dalam mengembangkan peluang kegiatam ekonomi produktif, melalui showcasing atau memamerkan produk unggulan UMKM, serta membangun kesadaran, dan kecintaan seluruh elemen masyarakat untuk bangga menggunakan produk produk UMKM dalam negeri. Disamping itu, menjadi sarana, untuk memberikan edukasi bagi masyatakat, tentang digitalisasi promosi dan transaksi, serta sistim pembayaran digital,” tandas Gubernur.
Sementara itu, Kepala KPw BI Maluku, Bakti Artanta, menyampaikan dengan dilaksanakan pameran UMKM merupakan sumber pertumbuhan ekonomi terbaru, sumber pertumbuhan Provinsi Maluku yang luar biasa, karena jumlahnya, kapasitasnya, ekspor ataupun lainnya begitu besar. Dikatakan, pergelaran pameran UMKM merupakan kedua kalinya, yang pertama dilaksanakan pada tahun 2020, dan di tahun 2022.
“UMKM Maluku maju tidak hanya dari Pemprov, KPw BI, tetapi termasuk TNI/Polri itu menjadi sinergi bersama,” terang dia Oleh karena itu, lanjut Artanta, pihaknya mengajak semua pemangku kepentingan di Maluku untuk terus membuat inovasi. “Jangan lupa membuat inovasi, dan digitalisasi, agar kekayaan alam Maluku baik daratan dan lautan itu tidak sia-sia jika kita bersinergi bersama,” ajaknya. (EVA)
Exit mobile version