234 Pasien Ikut Operasi Urologi Gratis di Ambon, Ditangani Dokter dari Belanda

Wakil Walikota Ambon saat meninjau pelaksanaan operasi Urologi dari tim dokter asal Belanda.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)-Sebanyak 234 pasien terdaftar mengikuti pemeriksaan dan operasi urologi di Ambon. Operasi urologi yang dilakukan secara gratis bagi warga Pulau Ambon ditangani 2 dokter urologi, 1 dokter anastesi, 2 dokter pendamping dari Makassar, dan 1 dokter pendamping dari Kota Ambon.

Dari 234pasien, 32 pasien lainnya berasal dari Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), dan 202 pasien berasal dari kota Ambon. Jenis operasi yang akan dilayani adalah operasi beda salurankemih, operasi prostat, batu ginjal, batu saluran kemih (kencing), varokokel (varises pada buah pelir), hidrokel (cairan pada kantung buah pelir), hipospadia (kelainan saluran kencing), dan kriptokismus (kantong buah pelir kosong) pada anak-anak.

 “Jadi 234 pasieni itu tidak langsung dilakukan operasi, tetapi dilakukan screening, periksa laboratorium, setelah itu baru di lakukan operasi,’’kata Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler saat meninjau operasi urologi di RSUD Dr.M.Haulussy Ambon, Selasa (4/2/2020).

Berita Terkait: Oleh-Oleh dari Vlisingen; Februari 2020, Operasi Mata dan Urologi Jalan Lagi

Dijelaskan, setelah ini tindaklanjut dari operasi urologi yang pasti ada dokter pendamping yang telah di percaya untuk mengevaluasi pasien yang telah di operasi.

“Jadi mereka maksimal selama 2 minggu sampai tanggal 13, dan tanggal 14 nanti mereka kembali,’’jelas Wawali.

Diakui, Bakti Sosial (Baksos) yang sudah berjalan sejak lama sejak, dan atas kerjasama antara Pemerintah Kota Ambon dan, Vlisingen, Belanda.

Turut mendampingi Wakil Walikota saat peninjauan, Sekertaris Kota Ambon, Ketua DPRD Kota Ambon, Komisi I DPRD Kota Ambon. (EVA)

Exit mobile version