22 Puskesmas dan 7 Fanyankes Siap Jadi Lokasi Vaksin Covid-19

Kadis kesehatan Kota Ambon, drg Wendy Pelupessy, M.Kes.

AMBON (info-ambon.com)- Sebanyak 22 Puskesmas dan 7 Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fanyankes) atau Rumah Sakit yang beroperasi di Kota Ambon, telah ditetapkan untuk menjadi lokasi vaksinasi Covid-19.

Segala fasilitas di lokasi dimaksud, dianggap sudah memadai untuk dilakukan vaksinasi Covid-19.

“Untuk fasilitas, sampai sudah penetapan berarti memang memadai. Kalau tidak memadai, katong tidak tetapkan, ” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, kepada wartawan di Balaikota Amboj, Rabu (6/1/2021).

Menurutnya, sesuai Petunjuk Teknis (Juknis), masing-masing puskesmas menyiapkan 5 tenaga kesehatan menjadi vaksinator. Sementara rumah sakit, harus menyediakan 10 vaksinator, dari tenaga kesehatan.

“Tujuh Fasyankes, itu antara lain Rumah Sakit dr Latumeten, Rumah Sakit Bhayangkara, Rumah Sakit Siloam, RSUP Leimena, dan lainnya saya lupa. Tapi yang pasti ada 7 Fasyankes yang diluar Puskesmas. Satu Puskesmas akan menyediakan 5 orang vaksinator sesuai dengan Juknis dan RS itu 10 vaksinator, ” jelas Pelupessy.

Diharapkan, agar seluruh masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) ketika beraktivitas diluar rumah. Sebab dengan begitu, kemungkinan penyebaran Covid-19 dapat ditekan.

“Prokes tetap katong jaga untuk menurunkan angka penularan kasus. Dan kita tetap menghimbau untuk masyarakat untuk Katong harapkan gelombang pertama vaksinasi nanti, ” tutup Pelupessy. (EVA)

Exit mobile version