Harmony; Pesan Damai dari Ambon untuk Indonesia

AMBON (info-ambon.com)– Guna mensyukuri berbagai penghargaan yang  di dapat dari pemerintah pusat, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyelenggarakan Harmony dari Ambon untuk Indonesia, kegiatan berlansung di Sportlhall Karang Panjang (Karpan) Ambon, Kamis (10/1/19).

Harmony dari Ambon untuk Indonesia, pesan damai di awal 2019 untuk semua.-EVA-

Harmony yang dalam bahasa Yunani: harmonia, berarti terikat secara serasi/sesuai. Dan  desain kegiatan ini, ingin menunjukan ke Indonesia dan dunia, bahwa Ambon benar-benar sudah terikat serasi dalam berbagai aspek, khususnya dalam kerukunan antar umat beragama, persaudaraan sesama orang basudara dalam ikatan pela dan gandong.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam sambutanya mengatakan, 20 tahun yang lalu, Kota Ambon alami tragedi kemanusiaan, dan banyak peneliti, serta opini dari berbagai pihak bahwa Ambon akan kiamat dan tidak bisa bangun dirinya sendiri setara dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Namun kenyataan berbeda, atas kehendak Tuhan dan keinginan kuat masyarakat, Ambon kembali pulih, bahkan bangkit mengejar ketertinggalan dari daerah lain di Indonesia. Bahkan seabrek penghargaan berhasil digapai dan berbagai momentum berskala regional, nasional,  bahkan internasional sukses terselenggara di ibukota provinsi Maluku ini.

Selain itu, salah satu gambaran yang terlihat, pasca konflik, pemerintah pusat telah mempersiapkan Ambon sebagai tuan rumah MTQ Tingkat Nasional, Pesparawi Tingkat Nasional, dan Pesparani Katolik Tingkat Nasional yang pertama di Indonesia. “Fakta telah membuktikan, pada saat event yang bersifat keagamaan,  berlangsung sukses dan luar biasa aman,’’ tegasnya.

Pemkot Ambon sendiri, diawal 2019, mendapatkan Harmony Award 2018 dari Kementrian Agama sebagai kota paling rukun di Indonesia. Bahkan oleh setara institute, Kota Ambon masuk dalam 10 besar kota paling toleran di Indonesai. Dalam urutan kota paling toleran yang diumumkan dewan juri, Ambon masuk 5 besar atau peringkat 5 dari 94 kota di Indonesia.

‘’Untuk itu, kita kumpulkan semua syakeholder dari latar belakang yang beda-beda. Kita menyatu untuk mensyukuri apa yang sudah kita raih, sebab semua itu berkat kerja keras semua pihak.

“Terimakasih kepada Kakanwil Agama Maluku yang sudah melakukan pembinaan dan memberikan semangat bagi warga Kota Ambon, selain itu, terimakasih kepada Kapolres Pulau Ambon dan Pp Lease, Dandim 1504 Pulau Ambon atas kerjasama serta kerja keras pengamanan di Kota Ambon ini,”ujar Louhenapessy.

Sementara itu, Kakanwil Agama Maluku, Fesal Muusad dalam sambutannya menyampaikan, anugerah Tuhan terbesar untuk manusia yakni anugerah harmony dan anugerah untuk Kota Ambon paling rukun di Indonesia.

Dikatakan, dengan momentum seperti ini, orang-orang akan selalu ingin hadir dan datang di Maluku.

“Karena Ambon menyimpan banyak cerita sukses, menyanyi saja sudah damai, itu Anugerah dari Tuhan untuk masyarakat Ambon, mensyukuri akan hal itu serta menjaga suasana Kota agar tetap rukun dan damai, Ambon ”ujar Mussad.

Ia menyebutkan, Ambon menyimpan cerita sukses toleransi antar umat beragama, seperti kegiataan keagamaan skala nasional, Bahkan di tahun 2019,  Kota Ambon di tetapkan sebagai tuan rumah penyenggaraan Festival Seni Qasidah Indonesia (Lasqi), dan di Tahun 2020, Ambon sebagai tuan rumah kegiataan keagamaan umat Hindu. ‘’Untuk semua itu, Ambon pantas mendapat Harmony Award,’’ tegasnya.

“Pesan agama tidak boleh di bajak  dan di eksploitasi  untuk kepentingan pragmatis atau sesaat, jangan percaya berita-berita karangan menjelang Pilihan Presiden (Pilpres) atau pemilu mendatang. Tuhan menciptakan kita berbeda untuk jadi kekuatan untuk membagun kerukunan, toleransi, dan perdamaian,’’ ungkapnya.

Kehidupan beragama yang semakin baik di Kota Ambon, sehingga banyak tokoh agama, masyarakat, pemuda, yang memiliki komitmen untuk merawat  kerukunan beragama di Kota bertajuk manise ini secara terus menerus.

Hadir dalam acara itu juga Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler, Sekertaris Kota Ambon, A.G.Latuheru, Kapolres Pulau Ambon dan Pp Lease, AKBP Sutrisno Hadi  Dandim 1504 Pulau Ambon, Letkol Inf Fendry Novyanto Raminta, dan seluruh OPD di lingkup Pemkot Ambon serta ribuan ASN Pemkot Ambon.(IA-EVA)

Post Author: Polly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.