Pemkot Lepas Ilath, Sambut Santoso

AMBON (info-ambon.com)-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar acara pisah sambut Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon dari Robert Ilath selaku pejabat lama kepada Kejari Baru, Benny Santoso di Lantai II Balai Kota Ambon, Rabu (9/1/19).

Cinderamata miniatur gedung Pemkot Ambon dari Wawali ke mantan Kejari Ambon.-EVA-

Wakil Walikota (Wawali) Ambon, Syarif Hadler dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang dilakukan Pemkot Ambon ini adalah untuk melepaskan salah satu warga Kota Ambon yang akan meninggalkan Ambon hari ini. Kenapa? Sebab Robert Ilath merupakan pejabat yang menjabat paling lama di Ambon yakni 4 tahun 10 bulan.

Forkopimda Kota Ambon kompak melepas Roberth Ilath yang dimutasi ke Kejagung di Jakarta.-EVA-

“Pa Robert ini, 2 kali pemilihan gubernur, 2 kali Piala dunia, 5 kapolres, 5 Dandim tapi hanya 1 Kejari Ambon. Ini sangat luar biasa, yakin sungguh bahwa pa Robert tinggalkan Ambon, suka duka pasti akan di rasakan,”ujarnya.

Sementara itu, untuk Kejari Baru, Benny Santoso ini sudah pernah tugas di Kota Ambon, jadi bukan baru lagi tetapi Ambon panggel pulang, semoga betah sama seperti pa Robert Ilath.

Menurutnya, seandainya kami Walikota, Wakil Walikota dan sekkot di tanya Kejari di pindahkan pasti kami tidak setujui, tetapi demi karier yang bersangkutan, proses ini harus kita lalui.

‘’Perpindahan ini penuh sukacita, berat hari melepaskan Pa Robert di tempat tugas yang baru, namun inilah realita. Semoga lebih jauh sukses dibandingkan selama bertugas di Kota Ambon, tempat tugas yang baru, dan jangan lupa kami orang Ambon, dan kita semua orang bersaudara, dan apabila ada hal-hal yang berkaitan dengan orang Ambon, jang lupa untuk kami,’’ kata Hadler.

Semetara itu, mantan Kejari Ambon, Robert Ilath dalam sambutannya menyampaikan, saat ditugaskan ke Ambon, hatinya bercampur aduk, galau, karena Kota Ambon pernah mengalami kerusuhan.

Namun setelah menetap dan melaksanakan tugas, dirinya menilai, Ambon punya masa depan yang sangat baik, dan memang selama ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. ‘’Ambon menjadi kota toleran, dan Ambon Kota Harmoni yang diberikan dari pemerintah pusat ke Pemerintah Kota Ambon, itu sangat hebat,’’ tegasnya.

Ia akui, selama menjalankan tugas, kordinasi antara Forum Kordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) berjalan sangat baik, apakah itu dengan Walikota dan Wakil Walikota, Kapolres maupun Dandim.

Menurutnya, selama bertugas, dirinya bertekad untuk bersama pemerintah daerah, melaksanakan pembangunan untuk kemajuan masyarakat, sehingga kadang, kewenangan yang dimiliki, dipakai untuk sesuatu yang benar-benar penting dan strategis, namun apa yang bisa diselesaikan, kita selesaikan.

Ilath juga menyampaikan permohonan maaf atas nama pribadi dan keluarga, jika ada tindakan, tutur kata yang salah selama menjalankan tugasnya di ibukota Maluku tersebut.

Kejari Baru, Benny Santoso menambahkan, dirinya memang pernah bertugas di Kota Ambon, sehingga jabatan Kejari Ambon ini diibaratkan sebagai Ambon panggel pulang.

Dia juga menyatakan siap bergabung dengan forkopimda, dan mohon di terima kembali keberadaan di Ambon. ‘’Mari kita bersinergi bersama, utamakan dalam menjaga kondisifitas wilayah hukum Ambon ini, apalagi sudah waktu-waktu perhelatan politik baik pilpres, maupun legislative,’’ ujarnya.

Hadir pada acara itu, Sekretaris Kota Ambon, Kapolres Pulau Ambon dan Pp Lease, Dandim 1504 Pulau Ambon, Wakil Ketua PKK Kota Ambon, Ny Iffah Hadler dan seluruh OPD di lingkup Pemkot Ambon. (IA-EVA)

Post Author: Polly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.