BPBD Lakukan Pelatihan Dan Simulasi Unit Siaga di SMPN 6 Ambon

AMBON (info-ambon.com)-Wujudkan budaya dan kesiapsiagaan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon menggelar pelatihan dan simulasi unit siaga bencana Pelatihan di SMPN 6 Ambon, Kamis (6/12/18). Yang di buka Kepala BPBD Kota Ambon, Demmy Paays. “Pelatihan yang dilakukan bertujuan untuk mewujudkan budaya kesiapsiagaan dan keselamatan terhadap bencana di sekolah melalui pemberdayaan peran kelembagaan dan pembangunan jaringan disekolah untuk mendukung pelaksanaan pengurangan resiko bencana.

Dijelaskan, kegiatan ini juga dilakukan untuk meningkatkan kapasitas kepada siswa SMP di Kota Ambon karna siswa di SMP memiliki resiko tinggi terhadap bencana. Selain itu, dengan adanya pelatihan ini, berbagai upaya dapat dilakukan untuk mencegah dan mengurangi resiko bencana yang terjadi di Ambon dan mempersiapkan siswa maupun masyarakat pada umumnya untuk menghadapi bencana. “Pelatihan ini diharapkan menjadi kesempatan bagi kita semua untuk memperkuat upaya-upaya pencegahan dan membangun ketahanan masyarakat dalam mengurangi dampak bencana,” ujarnya.

Menurutnya, pelatihan dan simulasi yang dilaksanakan harus dijadikan dorongan lebih lanjut sebagai upaya bersama dibidang pengurangan resiko bencana diseluruh tingkatan sesuai dengan UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana. “Ini juga merupakan perwujudan fungsi pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat yang dilaksanakan secara terpadu dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan secara aktif, baik dari unsur pemerintah, swasta dan masyarakat,” tutupnya. (IA-EVA)

Post Author: Polly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.