Ratusan Nelayan Ambon sudah Masuk Program Kusuka

AMBON (info-ambon.com)-Sebanyak 200 nelayan di Kota Ambon terdaftar pada program yakni Kartu Khusus Nelayan (Kusuka) yang merupakan program dari Pemerintah Pusat dalam hal ini kementerian perikanan dan kelautan RI. Dimana Kota Ambon mendapatkan kuota asuransi nelayan dari PT Jasindo sebanyak 300 nelayan.

Steven Patty

“Jadi kita baru yang terdaftar itu ada sebanyak 200 nelayan, padahal nelayan di Kota Ambon cukup banyak, dan mereka ini sudah terdaftar dalam asuransi yang ditangani oleh Jasindo,” jelas Kepala dinas Perikanan Kota Ambon, Steven Patty, Balai Kota Ambon, Selasa (4/12/18).

Patty menjelaskan, banyaknya nelayan yang tak terdaftar dalam Kusuka disebabkan karena pada jaringan internet yang tidak maksimal.  “Untuk Kusuka itu masalah input data dari nelayan oleh penyuluh, yang menjadi masalah adalah jaringan karena ini secara nasional untuk masuk ke aplikasi ini agak terlambat sehingga banyak data yang sudah di input, tetapi sifatnya masih menunggu. Karena jariangan internet yang terkadang lambat,”jelasnya.

Dikatakan, dalam sehari para penyuluh selalu melakukan input data namun dikarenakan jaringan maka mereka harus menginput data ketika tidak jam sibuk.

Ia berharap walaupun gangguan jaringan, seluruh nelayan di Kota Ambon dapat terdaftar dalam program kusuka. Karena dengan begitu, mereka bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat, terutama dalam pemberdayaan nelayan.

“Ini merupakan program dari pemerintah pusat, mereka bantuan yang mereka berikan bisa tepat sasaran. Untuk itu, yang sudah masuk program Kusuka artinya dia benar-benar nelayan.(IA-EVA)

Post Author: Polly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.