20 November, Hasil Kajian Benteng Victoria Diserahkan Kepada Pemkot

Kepala Bappeda-Litbang, Kota Ambon Enrico Matittaputty.

AMBON (info-ambon.com)- Kepala Bappeda-Litbang, Enrico Matittaputty menyampaikan, 20 November 2021 mendatang Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi, Hilmar Farid, akan menyerahkan hasil kajian proses Revitalisasi Benteng Victoria, kepada Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

“Minggu lalu kita sudah rapat dengan Pak Dirjen serta tenaga ahli, dan rencananya tanggal 20 November 2021 mendatang, beliau serahkan langsung ke Walikota hasil kajiannya,”katanya kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Selasa (09/11/2021) kemarin.

Mattitaputty menjelaskan, hasil kajian dari Dirjen Kebudayaan merupakan salah satu langkah awal, untuk bagaimana bisa melanjutkan proses ke depan terkait revitalisasi Benteng Viktoria.

“Tanpa hasil kajian itu, kita tidak bisa apa-apa. Kita mau bilang revitalisasi, dasarnya harus ada. Dan kajian tersebut merupakan dasar dari proses revitalisasi,”terangnya.

Menurutnya, hasil kajian dari Dirjen Kebudayaan akan dipakai untuk rencana revitalisasi ke depan. ” Setelah menerima hasil kajian, baru bisa kita ketahui apa saja yang akan kita lakukan nanti,”ujarnya.

“Jadi sudah selesai proses kajiannya. Kebetulan pak Dirjen ada kegiatan di Ambon, makanya sekalian langkah penyerahan. Nanti setelah itu baru kita pakai hasil kajiannya,” terang Mattitaputty.

Dengan begitu, dari hasil kajian yang dilakukan oleh Dirjen Kebudayaan dan tim ahli, bukan hanya diambil dari sisi Benteng saja, melainkan beberapa sektor lainnya.

“Karena memang yang dipakai itu, betul-betul bukan dari sisi benteng saja, tapi dari sisi sejarahnya bagaimana, arkeologinya bagaimana, dan kira-kira rencana ke depan kita mau bikin apa, itu semua sudah dikaji,”tutupnya. (EVA)

Exit mobile version