2.205 Nakes di Ambon sudah Laksanakan Vaksinasi Tahap I

Nakes di Ambon yang melaksanakan vaksinasi Covid-19.-dok-

AMBON (info-ambon.com)-Setelah sukses menggelar vaksinasi  sinovac tahap I bagi Tenaga Medis (Nakes) pada 15 Januari 2021 lalu, kini vaksinasi tahap II akan dilaksanakan lagi.

Tahapan pelaksanaan vaksinasi covid-19 pada sasaran yakni, wartawan, petugas pelayanan publik, guru, tokoh agama, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara RI, aparat hukum, Petugas di pelabuhan/bandara, Stasiun, terminal, perbankan, PLN, PDAM, dan petugas lain yang terlibat langsung kepada masyarakat, kelompok usia lanjut (60) tahun, pengemudi/kendaraan online, petugas pariwisata.

“Pemkot menargetkan tenaga medis yang divaksin sebanyak 3.910 orang, yang mendaftar untuk divaksin 3.798 orang, atau 96 persen, dari 96 persen itu yang bisa vaksin itu hanya 2.205 orang,’’ akui Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Selasa (9/2/2021).

Dijelaskan, untuk yang tertunda karena miliki penyakit bawaan yang bisa diobati untuk kembali di vaksin sebanyak 798 orang atau 20, 4 persen.

Ia tambahkan, ada sekitar 16 orang nakes yang melaporkan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) setelah di vaksin, namun dampaknya tidak berlangsung lama, artinya tidak sampai 1×24 jam langsung pulang atau sehat, dan puji Tuhan, syukur tidak terdampak buruk bagi mereka, ” terang Louhenapessy.

Selain itu, lanjut Walikota, saat ini Pemkot masih menunggu petunjuk dari Pemerintah pusat untuk tahapan pelaksanaan vaksinasi tahap II.

“Kita sementara menunggu petunjuk dari pusat untuk tahapan selanjutnya, target kita sebanyak mungkin, selain untuk stok vaksin dari Pemerintah Provinsi lebih dari cukup, ” tutup Walikota.(EVA)

Exit mobile version