18 Desa/Negeri di Ambon Cairkan DD Tahap Dua, 12 Menyusul

kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Masyarakat Desa (DP3AMD) Kota Ambon Rina Rulien Purmiasa.-ist-

AMBON (info-ambon.com)- Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Masyarakat Desa (DP3AMD) Kota Ambon kembali mencairkan anggaran Dana Desa (DD) tahap kedua. Disampaikan Kepala DP3AMD Ambon, Rulien Purmiasa kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Rabu (10/7/2019).

Dikatakan, Kota Ambon ada 30 desa yang menerima DD, dan yang baru terealisasi pencairan baru 18 desa.

“Untuk tahap dua DD sudah cair, dari 30 desa baru 18 desa yang realisasi pencairan sehingga tinggal 12 desa yang masih mempersiapkan dokumen persyaratan pencairan,’’ujarnya.

Untuk diketahui, DD Kota Ambon untuk 30 desa berdasarkan pagu senilai Rp37.432.375.000.

Ketika ditanya kendala apa sehingga 12 desa belum melakukan pencairan, pihaknya mengatakan mereka masih menyusun kelengkapan administrasi pencairan DD.

Ia merincikan 12 desa yang belum melakukan pencairan yakni, Urimessing, Hatalai, Hukurila, Leahari, Rutong, Hutumuri, Halong, Laha, Hative Besar, Naku dan Kilang.

Menyangkut dengan desa yang bermasalah untuk tahap pertama, ia mengakui jika sudah diselesaikan sehingga mereka bisa masuk pada tahap kedua.

“Untuk tiga desa kemarin sudah selesai, dan sekarang mereka masih masuk dalam proses tahap kedua, kami berharap untuk pencairan tahap kedua ini tak ada masalah,”ujarnya.

Dijelaskan, sesuai dengan aturan yang ada, proses pencairan DD dicairkan dalam tiga tahap yakni tahap  pertama sebesar 20 persen, tahap kedua sebesar 40 persen dan tahap ketiga sebesar 40 persen.

Oleh karena itu, dirinya berharap semua desa dan negeri dapat memanfaatkan DD secara baik untuk perkembangan yang ada di masing-masing desa dan negeri.

“Desa dan negeri dapat memanfaatkan DD secara baik untuk kemakmuran masyarakat,”harapnya.(EVA)

Exit mobile version