16 Desa/Negeri di Ambon Belum Terima DD Tahap Tiga

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Desa Tertinggal (DP3AMD) Kota Ambon, Meggy Lekatompessy.

AMBON (info-ambon.com)-Sebanyak 16 Desa/Negeri belum terima Dana Desa (DD) tahap tiga tahun 2022. Adapun Desa/Negeri yang belum terima DD, yakni, Wayame, Waiheru, Tawiri, Rutong, Negeri Lama, Nania, Naku, Leahari, Kilang, Hutumury, Hunut, Hukurila, Hative besar, Hatalai, Halong dan Ema.

“Penyaluran DD sebenarnya tidak ada masalah, kami Dinas hanya menunggu kelengkapan berkas dari desa/negeri, jika berkasnya sudah lengkap, maka siap diproses, kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Masyarakat Desa (DP3AMD) Kota Ambon, Meggy Lekatompessy kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Selasa (1/11/2022).

Sementara Desa/Negeri yang telah terima DD, diantaranya, Desa Galala, Latta, dan Batumerah. Dikatakan, penyaluran DD di Kota Ambon, telah mencapai 94,54 persen atau Rp25,7 miliar untuk 30 Desa/ Negeri.

“Sampai akhir Oktober 2022 penyaluran DD itu mencapai 94,54 persen atau Rp25,7 Miliar dari total pagu DD untuk Kota Ambon tahun 2022 sebesar Rp27,2 miliar.

Ditambahkan, terdapat empat formula untuk menentukan besaran alokasi DD, yakni berdasarkan pada jumlah penduduk, jumlah warga miskin, luas wilayah, dan indeks kesulitan geografis di masing-masing desa.

“Dalam penyaluran DD ada dua kategori yakni, mandiri dan reguler. Untuk mandiri itu ada dua tahap, sedangkan reguler tiga tahap. (EVA)

 

Exit mobile version