15 Desa di Ambon Terima DD, 15 Lain Dalam Proses

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Masyarakat dan Desa (DP3MD) Kota Ambon, Meggy Lekatompessy.

AMBON (info-ambon.com)– Sebanyak 15 Desa/Negeri di Kota Ambon telah terima Dana Desa tahap ke-dua tahun 2022. 15 Desa lainnya masih berproses.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Masyarakat dan Desa (DP3MD) Kota Ambon, Meggy Lekatompessy mengatakan, 15 desa/negeri sudah terima, sementara 15 desa lainnya belum.

15 desa/negeri yang belum terima DD, diantaranya, Tawiri, Laha, Negeri Kilang, Negeri Leahari, Hutumuri, Latuhalat, dan Hatalai. Untuk Total Pagu DD tahun 2022 : sebesar 27.209.754.000.

“15 desa yang belum terima DD, sebenarnya tidak ada masalah, kami Dinas hanya menunggu kelengkapan berkas dari desa/negeri, jika berkasnya sudah lengkap, maka siap diproses DD tahap kedua,” katanya kepada info-ambon.com di Ambon, Kamis (16/6/2022).

Dijelaskan, penyaluran DD ini dibagi dalam sejumlah tahap. Hal itu tergantung status desa dan negeri.

“Perlu diketahui juga bahwa penyaluran DD ada dua kategori yakni, mandiri dan reguler. Untuk mandiri itu ada dua tahap, sedangkan reguler tiga tahap.

Selain itu, penyaluran DD pihaknya juga telah menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada rekening 30 desa dan negeri, baik tahap pertama maupun kedua.

“BLT tahap pertama atau Januari hingga Maret, bagi 30 desa negeri itu selesai. Tahap kedua, yakni April-Juni juga sudah selesai penyaluran bagi 30 desa/negeri tersebut,” jelas Lekatompessy.

Kadis berharap, agar 15 desa/negeri untuk segera memasukan kelengkapan berkas pada Dinas, agar segera diproses.

“Kita terus dorong mereka untuk memasukan data, agar bisa mendapatkan hak mereka ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” demikian Lekatompessy. (EVA)

Exit mobile version