10 Hari, 64 Orang Terlayani Operasi Urologi di Ambon, 1 Pasien Penis Bengkok

Operasi Urologi di Ambon kerjasama Pemkot Ambon-Vlisingen Belanda berhasil sukses. Ini salah satu hasil jalan-jalan Pemkot Ambon ke Belanda beberapa waktu lalu.-HMS-

AMBON (info-ambon.com)-Sebanyak 64 Pasien  mengikuti operasi Urologi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Ambon  bekerjasama dengan Tim Dokter dari Vllisingen-Belanda.

Dirincikan 64 pasien yang mengikuti operasi Urologi diantaranya; operasi Citoscopy 13 orang, Prostat 30 orang, Hernia anak 5 orang, Batu Ginjal 5 orang, Baru Kandung Kemih 3 orang, Batu Ureter 2 orang, Post operasi  Batu Ginjal 2 orang, penis bengkok 1 orang, Striktur Ureter 1 orang, Oletotomy 1 orang, Vistel Buli-Buli 1 orang.

“64 Pasien ini telah usai melakukan operasi Urologi dari tanggal 4 Februari sampai dengan 14 Februari 2020,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy dalam keteranganya kepada wartawan di media center Pemkot Ambon, Rabu (12/2/2020).

Berita Terkait: 234 Pasien Ikut Operasi Urologi Gratis di Ambon, Ditangani Dokter dari Belanda

Dikatakan, jumlah pasien yang mendaftar  di puskesmas sebanyak 304 orang. Sementara pasien yang mendaftar di wilayah kota Ambon 260 orang, diluar kota Ambon 44 orang. Dan 190 orang pasien pada awal pemeriksaan mendapatkan screening.

“Ada 20 orang pasien dijadwalkan melakukan operasi hingga 13 Februari 2020, sedangkan 10 orang akan melakukan operasi pada tahun depan,” akuinya.

Dijelaskan, sementara operasi berjalan pihaknya dikunjungi oleh Kementerian Kesehatan untuk melihat jalannya operasi Urologi.

“Operasi Urologi ini betul-betul kita laksanakan dengan maksimal sehingga ijin-ijin berikut dapat dipermudah. Karena ini baru pertama kali, sehinga KemenKes sendiri datang untuk melihat jalan operasi tersebut,” akuinya.

Dilanjutkan, ada kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan operasi Urologi yakni alat yang masih kurang, listrik yang kurang memadai. “Hambatan-hambatan seperti ini akan dievaluasi secara bersama agar tahun depan lebih baik lagi,” harapnya. (EVA)

Exit mobile version